Sejarah Freemason (Knights of Templar) | World History

Sejarah Freemason (Knights of Templar)

Seeking A History,Learning From The Ancestor

Friday 28 September 2012

Sejarah Freemason (Knights of Templar)


Templar
        Freemason sebernarnya berakar pada kesatria templar, kesatria Templar atau Knight of Templar, adalah sebuah ordo yang dibentuk pada tahun1118 atau dua puluh tahun setelah tentara salib merebut Yarusalem. Templar sendiri maksudnya adalah para tentara miskin pengikut Yesus dan Kuil Sulaiman. Pendiri ordo ini adalah dua ksatria Prancis, Hugh de Payens dan Godfrey de St. Omer. Berawal dari sembilan anggota, ordo ini terus berkembang. Nama kuil Sulaiman dipakai karena mereka membangun basis di gunung kuil, yakni lokasi reruntuhan kuil tersebut. Di sini pula berdiri Dome of the Rock (Qubah As-Sakhrah) .
            Meskipun berembel-embel “tentara miskin” nyata-nyatanya setelah mereka merebut Yarusalem mereka makin makmur. Hal ini terjadi karena merekalah yang mengontrol semua peziarah yang dating ke Yarusalem dan kaya dari uang para peziarah tersebut. Bahkan mereka menerapkan sistem cek dan kredit seperti yang ada pada sebuah bank. Dan menurut penulis
Inggris, Michael Baigent dan Richard Leigh, mereka membangun kapitalisme abad pertengahan dan sistem perbankan modern berbasis bunga.
            Pada tahun 1187, pemimpin pejuang muslim Saladin, berhasil membebaskan kota Yarusalem dari cengkraman kesatria salib khususnya para Templar dan menghukum mati kebanyakan dari mereka. Hal ini dilakukan karena pembantaian terhadap sekitar 40.000 umat Muslim dan bahkan umat Yahudi pun mereka habisi saat mereka merebut Yarusalem pada 1099 , dan bertanggung jawab atas banyak pembantaian di tahun-tahun kekuasaan mereka.
Saladin
            Saladin memang melepaskan dan mengampuni banyak sekali umat Nasrani dan membiarkan mereka yang ingin tetap berada di Yarusalem, gambaran visualisasinya ada pada film “Kingdom of Heaven”, sedangkan para Templar dihukum mati karena kekejaman yang mereka lakukan.
            Meskipun jumlah umat Nasrani semakin menyusut dan semakin berkurangnya para Templar akibat kejadian itu, para Templar berusaha memindahkan cengkramannya di benua Eropa. Kekuasaan politik mereka semakin menyudutkan raja-raja Eropa dan mengganggu kalangan kependetaan.
            Tindakan mereka semakin menyeleweng dari ajaran Nasrani, sebenarnya sejak para Templar berada di Yarusalem sudah tersebar rumor bahwa mereka menyeleweng dan melakukan doktrin-doktrin baru serta ritus-ritus untuk menguatkan doktrin mistik mereka yang asing, membuat Raja Prancis Philip le Bel memutuskan untuk menangkap anggota anggota ordo ini. Sebagiannya berhasil melarikan diri tetapi kebanyakan mereka tertangkap. Paus Clement V juga bergabung dalam pembersihan ini, pada tahun 1307.
            Dan dalam interogasi mereka menolak untuk mengimani dan malah menghina Yesus pada misa-misa mereka, begitu yang mereka akui dalam interogasi mereka. Akhirnya, para pemimpin Templar, yang dinamai “ImamBesar (Grand Master)”, mulai dari yang terpenting dari mereka, Jacques de Molay, dihukum mati pada tahun 1314 atas perintah Gereja dan Raja. Kebanyakan mereka dijebloskan ke dalam penjara, dan ordo tersebut tumpas dan secara resmi menghilang.
Robert the Bruce
            Meskipun telah dibubarkan, sebagian dari mereka yang berhasil lolos melarikan diri ke satu-satunya negara yang tidak mengakui kekuasaan Gereja saat itu, Skotlandia, dan medapat perlindungan dari Raja Skotlandia, Robert the Bruce (familiar dengan nama ini? lihat film "Braveheart"). Disana mereka menyusup di guild (serikat pekerja) dan lodge (pemondokan) tukang batu dan mengembangkan doktrin mereka disana.
Di awal era modern, lodge tukang batu ini berubah menjadi lodge “masonik”. Ritus Skot inilah cabang tertua dari Masonik yang berawal pada abad ke empat belas, dari para Templar yang berlindung di Skotlandia. Dan, nama-nama yang diberikan kepada tingkat tertinggi dalam Ritus Skot adalah gelar-gelar yang diberikan kepada para ksatria dalam ordo Templar berabad-abad sebelumnya.

You Have Been Read An Article Sejarah Freemason (Knights of Templar) Please Read more At World History About , If you Not Mind Please Bookmark This Article URL : http://harrierwolf.blogspot.com/2012/09/sejarah-freemason-knights-of-templar.html
Description: Sejarah Freemason (Knights of Templar) Rating: 4.5 Reviewer: Anonymous - ItemReviewed: Sejarah Freemason (Knights of Templar)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

BLOG INI ANTI SPAM, RASIS, DRUG,FREESEX, SARA!!!
Pengunjung bila berkenan silahkan Tulis Komentar Disetiap Postingan, Dan untuk Mempererat Persaudaraan Tali silahturahmi silahkan Join, like dan Ikuti Blog Ini , dan kami mohon untuk mengklik iklan yang ada di blog ini demi Pengembangan Blog ini, Salam Wolfgician Park

THIS BLOG IS ANTI SPAM ,RACIST,DRUGS,FREESEX, SARA!!!
Visitor if Youre not mind, Please leave a comment in every each Post,
and to make Our relationship strong like a Superman please Join, Like and follow this Blog,And if you not mind please click the ads for me to develops more this site, Best Regard Wolfgician Park